Sebelum Habis, Yuk Intip Cara Cek Kondisi Aki Motor

  • Whatsapp
Sebelum-Habis-Yuk-Intip-Cara-Cek-Kondisi-Aki-Motor
Foto dari Canva Pro

Aki menjadi salah satu komponen yang paling penting dalam kendaraan bermotor. Adanya accu berperan dalam menghantarkan arus ke semua komponen motor yang membutuhkan aliran listrik, misalnya lampu, klakson, dan sebagainya. Oleh karena itu, sebelum kehabisan, ada baiknya untuk memeriksa aki. Berikut cara cek kondisi aki motor yang harus anda tahu.

Tips Mengukur Kondisi Aki Kendaraan

1. Melihat Tampilan Speedometer

Seperti yang diketahui, aki memegang peranan penting dalam menyuplai arus listrik pada komponen motor. Jika diibaratkan, aki merupakan baterai dari kendaraan bermotor. Tanpa adanya aki, beberapa komponen yang membutuhkan listrik, seperti klakson, lampu, starter, dan sebagainya tidak dapat berfungsi dengan baik.

Read More

Oleh karena itu, agar tidak kehabisan anda harus rutin melakukan pengecekan pada kondisi aki. Langkah sederhana yang dapat anda lakukan adalah dengan melihat spidometer. Dalam hal ini, anda harus menghidupkan mesin motor. Kemudian, nyalakan lampu sein kiri atau kanan. Jika tanda sein dalam spidometer tampak berkedip lemah, maka dipastikan kondisi aki kurang baik.

2. Menggunakan Bantuan Voltmeter

Untuk memastikan keadaan aki motor, anda juga dapat menggunakan bantuan alat yang bernama voltmeter. Cara cek kondisi aki motor ini yang paling akurat dan terpercaya dalam memberikan hasil mengenai kemungkinan permasalahan pada aki. Dengan menggunakan voltmeter, anda dapat mengukur tegangan pada aki.

Umumnya, aki yang normal mempunyai tegangan sekitar 12,4 volt. Jika anda mengukur aki dan mendapati hasilnya berkurang dari standart yang seharusnya, maka dapat dipastikan aki motor anda mengalami kerusakan. Untuk mengatasinya, anda dapat membawa aki motor ke bengkel untuk dilakukan pengisian atau penggantian jika diperlukan.

3. Menggunakan Teknik Korsleting

Langkah lain untuk mengetahui kondisi aki adalah dengan menggunakan teknik korsleting. Pada cara ini, anda diharuskan menghubungkan kutub positif dan negatif aki secara langsung hingga menimbulkan percikan api. Namun, disarankan untuk tidak sering menggunakan cara ini agar aki tidak mudah rusak.

Terdapat beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk memeriksa kondisi aki motor. Hal ini penting dilakukan sebagai salah satu langkah perawatan kendaraan. Pasalnya, jika kondisi aki bermasalah, tentu akan mempengaruhi kinerja komponen motor yang membutuhkan arus listrik. Jika anda mendapati tanda aki akan habis, ada baiknya untuk segera membawa ke bengkel.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *