Penyebab dan Cara Menghilangkan Bunyi Berdecit di CVT Motor Matic

  • Whatsapp
Penyebab-dan-Cara-Menghilangkan-Bunyi-Berdecit-di-CVT-Motor-Matic
Foto dari federaloil.co.id

Ketimbang motor yang masih mengandalkan transmisi manual, motor matic saat ini lebih banyak dijumpai di jalanan. Kendaraan roda dua jenis ini lebih mudah digunakan serta sangat nyaman dikendarai dengan santai. Akan tetapi setiap jenis motor memiliki masalahnya sendiri, dan hal ini juga berlaku untuk motor matic. Salah satu masalah yang sering dijumpai adalah bunyi berdecit yang bersumber dari CVT. Bagi Anda yang mengalami masalah serupa, maka Anda bisa mengatasinya menggunakan cara hilangkan bunyi berdecit di CVT motor matic berikut ini.

1. Mangkok Ganda Kotor

Dari banyaknya kasus bunyi berdecit pada motor matic, hampir semuanya mengarah pada mangkok ganda atau kampas rem yang kotor. Beberapa faktor yang menyebabkan bagian ini kotor seperti sisa pengikisan kampas, serta masuknya kotoran yang berasal dari luar blok.

Read More

Anda dapat membersihkan bagian ini dengan mudah, cara hilangkan bunyi berdecit di CVT motor matic yaitu cukup menggunakan amplas halus untuk menggosok dan menghilangkan kotorannya. Setelah kotoran pada mangkuk terlepas, bersihkan sisanya menggunakan kompresor, dan pasang kembali seperti semula.

2. Pulley Secondary Kering

Kondisi ini juga bisa timbul akibat masalah yang bersumber dari pulley secondary. Apabila komponen ini kotor ataupun kering akibat panas maka gesekannya dapat menimbulkan suara yang tak nyaman didengar. Kondisi ini biasanya terjadi akibat pulley secondary kekurangan grease. Cara mengatasinya pun sangat mudah yaitu cukup mengolesinya kembali dengan grease supaya pergerakannya terjaga. Pastikan agar Anda menggunakan grease berkualitas agar tidak cepat leleh.

3. Kampas Aus

Decitan pada motor matic bukan hanya timbul akibat kotoran saja, namun juga bisa disebabkan oleh kampas yang aus akibat pemakaian. Saat kampas sudah aus maka lapisan rem yang meredam bunyi sudah tidak ada lagi. Selain itu kampas yang aus juga memiliki ciri berbentuk keras, serta memiliki warna yang mengkilap.

Cara hilangkan bunyi berdecit di CVT motor matic berikut ini bisa anda lakukan sendiri untuk mengatasi masalah di atas. Anda hanya perlu menggosok permukaan kampas bagian luar dengan amplas kasar ataupun sikat kawat, lali bersihkan kotorannya. Setelah itu Anda juga bisa membuat kembali lapisan rem dengan memanfaatkan lem besi. Lapisan ini hanya membutuhkan lebar kira-kira 0,5 cm saja agar kampas dapat menggigit lagi dengan semestinya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *