Fakta Tentang Penyakit Frozen Shoulder yang Bisa Menyerang Semua Orang

  • Whatsapp
Fakta-Tentang-Penyakit-Frozen-Shoulder-yang-Bisa-Menyerang-Semua-Orang
Foto dari Canva Photos Unlimited

Penyakit Frozen Shoulder biasanya terjadi karena aktivitas yang berlebihan atau mungkin otot yang berkontraksi secara terus menerus. Penyakit ini mungkin saja diderita oleh semua orang. Usia antara 30 tahun ke atas memiliki risiko yang lebih tinggi untuk terserang penyakit ini. Ada beberapa tanda yang bisa kita jadikan patokan pada ada munculnya penyakit tersebut.

Tanda-Tanda yang Mungkin Kita Kenali

Sebenarnya penyakit ini sudah lama ada di Indonesia, hanya saja di Indonesia dikenal dengan nama terkilir. Padahal penyakit ini punya ciri khas khusus pada bagian yang diserang. Bahu yang kaku merupakan salah satu tanda penyakit ini secara global. Dalam dunia medis biasanya penyakit ini digolongkan ke dalam empat bagian yaitu:

Read More

  • Freezing Stage

Pada bagian ini biasanya pasien mengalami kaku pada bahu. Muncul sedikit rasa sakit yang tidak terlalu dominan namun mulai membatasi gerak dan kinerja dari bahu. Hal itu merupakan tanda awal dari munculnya penyakit ini.

  • Frozen Stage

Pada stage ini biasanya bahu pasien sudah sangat sulit digerakkan. Sedikit gerakan saja dapat menimbulkan nyeri yang luar biasa di sinilah pengobatan dimulai. Pada fase ini umumnya rasa nyeri itu memuncak pada saat malam hari.

  • Thawing Stage

Pada pada bagian ini gerak dari bahu sudah mulai bisa di improve. Memang ada sedikit perbaikan dibandingkan status sebelumnya karena memang, pada bagian ini merupakan bagian setelah pengobatan dijalani. Tapi selama kita menjalani thawing stage kita tidak boleh beraktivitas terlalu berat.

  • Healing Stage

Pada bagian ini adalah pasca pengobatan dan terapi. Biasanya rasa sakit sudah tidak muncul pada stage ini. Tetapi konsumsi obat biasanya masih dilakukan demi menjaga kebugaran dari bahu dan juga menghindari reflux.

Pada umumnya penyakit ini memang menyerang usia 50 tahun keatas. Maka dari itu butuh pengobatan khusus hingga terapi khusus yang perlu dilakukan untuk mencegah rasa nyeri yang timbul dari penyakit ini. Pada usia lanjut kita membutuhkan fisioterapi untuk mengatasi ataupun meredakan penyakit bahu yang kaku ini.

Bagaimanapun usia tidak menjamin bahwa yang muda akan aman dari ancaman penyakit tersebut. Frozen shoulder, merupakan cedera otot yang paling umum bahkan sangat mungkin menyerang para olahragawan profesional.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *